Tulisan Alhamdulillah Arab dan Artinya

Alhamdulillah atau disebut juga Tahmid merupakan sebuah ungkapan pujian kepada Alloh Subhanahu Wata’ala sebagai mana arti dari segi lafadznya yaitu,(Segala puji bagi Alloh). Dan kita sering mengucapkannya sebagai rasa syukur kita kepada Alloh, karna kita meyakini bahwa segala nikmat adalah datang dari Alloh Subhanahu wata’ala.

Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita memperbanyak ucapan Tahmid atau Alhamdulillah sebagai bentuk rasa syukur atas semua karunia nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita yang begitu banyak dan tak mungkin bisa kita dihitung. Sebagaimana Firman Allah dalam Al- Quran

FAIN TAUDDU NI MATALLAHI LA TUKHSUUHA

” Apabila kamu menghitung nikmat Allah ( yang diberikan kepadamu ) maka engkau tidak akan mampu (karena terlalu banyak).”

Tulisan Alhamdulillah Arab, Latin dan Artinya

Maka dari itu marilah kita bersama-sama memperbanyak mengucap ALHAMDULILLAH sebagai bagian dari rasa syukur kita. Berikut ini Tulisan Alhamdulillah Arab, Latin dan Artinya

  Tulisan Arab Alhamdulillah

الحمد لله رب العالمين

Tulisan Latin Alhamdulillah

Alhamdulillahirabbil ‘alamin

Artinya:

 Segala puji milik Alloh Tuhan semesta alam

Hadist Keutamaan Bacaan Alhamdulillah

Dari Jabir ra. bahwa Rasulullah SAW. bersabda : “Allah SWT tidak memberi suatu nikmat kepada seorang hamba, kemudian ia mengucapkan Alhamdulillah, kecuali Allah SWT menilai ia telah mensyukuri nikmat itu. Apabila dia mengucapkan Alhamdulillah yang kedua, maka Allah SWT akan memberinya pahala yang baru lagi. Apabila dia mengucapkan Alhamdulillah untuk yang ketiga kalinya, maka Allah SWT mengampuni dosa²nya…!!!” (HR. Hakim dan Baihaqi).

Dari Ibnu Umar ra., Rasulullah SAW bersabda : “Perbanyaklah kalian membaca Alhamdulillah, karena sesungguhnya bacaan Alhamdulillah itu mempunyai mata dan sayap yang selalu mendoakan didalam surga dan memohonkan ampunan bagi yang membacanya sampai hari kiamat…!!!” (HR. Dailami)

Dari Anas ra., Rasulullah SAW bersabda : “Andai kata seisi dunia ini dikuasai oleh seorang laki² dari umbult, jenuham dia mengucapkan Alhamdulillah, maka ucapan Alhamdulillah lebih utama dari pada dunia dan seluruh isinya itu…!!!”.

Didalam Hadits Lain : “Barang siapa mengucapkan Subhanallah, maka baginya sepuluh kebaikan, barang siapa mengucapkan La Ilaha Illallah, maka baginya ditulis duapuluh kebaikan, dan barang siapa mengucapkan Alhamdulillah, maka baginya dituliskan tiga puluh kebaikan…!!!” (HR. Ibnu Asakir).

Dan dari Abu Umamah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Allah SWT tidak memberikan nikmat kepada seorang hamba, kemudian ia memuji Allah SWT atas nikmat-Nya,kecuali pujiannya itu lebih utama dari nikmat itu, meskipun kenikmatan itu besar…!!!” (HR. Tabrani)

الحمد لله

Alhamdulillah

Faedah Membaca Tahmid atau Alhamdulillah:

  1. Alhamdulillah adalah termasuk dzikir wajib , meskipun hanya dibaca sekali seumur hidup. Sebagian ulama me-nadzam-kan  zikir  sebagai berikut :
  2. katakan : delapan dzikir hukumnya wajib diucapkan sekali seumur hidup, maka pahamilah maksudku.
  3. laa ilaaha illalloh, Alhamdulillah , Basmalah, Subhanalloh, Allohu Akbar, dan Laa haula Walaa Quwwata Illa billahi.
  4. Sholawat atas Muhammad, Nabi penunjuk jalan kebenaran, dan salam kepadanya , maka Anda memperoleh kebenaran.

Baca Juga Tulisan Arab Lainnya :

Tulisan Bismillah Arab, Latin dan Artinya

Tulisan Assalamualaikum Arab, Latin dan Artinya

Tulisan Takbir Arab, Latin dan Artinya

Tulisan Istighfar Arab, Latin dan Artinya

Demikian sahabat semuanya mengenai Bacaan Alhamdulillah  dan Keutamaanya. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semuanya.