hit counter html code

Keutamaan Membaca Surah Yasin | Hadits-hadits tentang Keutamaan Surah Yasin

Keutamaan Surah Yasin – Bismilahirrahmanirrahim,,,,,Ijinkanlah saya menjelaskan mengenai salah satu surah dalam Al- quran yang tentunya sering kita baca dan lantunkan dalam kehidupan sehari- hari yaitu Surah Yasin. Kaum muslimin tentunya sudah terbiasa membaca surat Yasinkarena banyak sekali fadhilah atau keutamaan dalam surah ini dari hadits-hadits dan keterangan dari guru mereka. Lantas apa saja keutamaan atau Fadhilah yang terkandung dalam surah yasin. Berikut ini kami akan kami sampaikan Keutamaan Membaca Surah Yasin dan Hadits-hadits tentang Keutamaan Surah Yasin.

Surah Yasin merupakan surah ke-36 dalam Al- Quran yang terdiri dari 83 ayat, srah yasin ini termasuk dalam surah Makiyyah. Banyak sekali Keutamaan Membaca Surah Yasin dan Hadits-hadits tentang Keutamaan Surah Yasin, diantaranya:


  1. “Siapa membaca surah Yasin di waktu malam, maka di waktu shubuh ia menjadi orang yang mendapatkan ampunan” (Abu Nu’aim dalam Al-Chilyab dan lbnu Ma’ud ra. dan Kanzul-Umal, Jua 112626)
  2. “Barangsiapa membaca Surah Yaseen pada malam hari dengan
    niat mencari ridha Allah, dosa-dosanya akan diampuni.” (Muwattha’ Imaam
    Maalik).
  3. “Segala sesuatu mempunyai jantung (hati), sedang jantung Al-Qur’an adalah surah Yasin, dan siapa saja yang membaca surah Yasin Allah swt. mencatat bacaannya seperti bacaan Al-Qur’an sepuluh kali” (Ad-Darimiy, At-Turmudzi dan Anas ra. dan Kanzul-Umal, Juz 112624)
  4. “Siapa membaca surah Yasin setiap malam ia diampuni” (Al-Baihaqy dalam Syi’abil Iman dan Abu Hurairah ra. dan Kanzul-Umai, Juz 1/2625)
  5. “Yasin adalah kalbu dari Al Quran. Tak seorangpun yang
    membacanya dengan niat menginginkan Akhirat melainkan Allah akan
    mengampuninya. Bacalah atas orang-orang yang wafat di antaramu.” (Sunan
    Abu Dawud).
  6. “Siapa saja membaca surah Yasin untuk mencari ridha Allah swt., maka Allah swt. mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu, maka bacalah itu oleh kalian di sisi orang-orang mati kalian” (Al-Baihaqy dalam Syi’abil Iman dan Mu’qil bin Yasar ra. dan Kanzul Umal, Juz 112629)
  7. “Para ulama biasa berkata bahwa jika Yasin dibaca oleh orang
    yang tengah maut, Allah akan memudahkan maut itu baginya.” (Lihat
    Tafsiir Ibn Katsir juz 3 halaman 571)
  8. “Barangsiapa membaca Yasiin di pagi hari, pekerjaannya di
    hari itu akan dimudahkan dan barangsiapa membacanya di akhir suatu hari,
    tugas-tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan pula.”
    (Sunaan Daarimi, juz 2, halaman 549).
  9. “Tiada seorang akan mati, lalu dibacakan surah Yasin di sisinya, kecuali AIIah swt. memudahkan kematiannya” (Abu Nu’aim dan Abu Danda’ dan Abu Dzar ra. dan Kanzul-Umal, Juz XV/42 186)

Dengan memperhatikan keterangan di atas, maka kita dapat
menyimpulkan beberapa keutamaan surah Yasin, di
antaranya:

  1. Surat Yasin Sebagai jantung Al-Qur’an yang menggerakkan seluruh ayat Al-Qur’an menjadi hidup menyala memancarkan cahayanya yang amat terang bagi ruhani manusia.
  2. Mengandung makna agar manusia senantiasa ingat tentang kesuksesan dan kebahagian orang yang ruhaninya sempurna dan amat celaka dan menderitanya orang yang durhaka kepada Allah swt. dan rasul-Nya.
  3. Rasulullah SAW mengajarkan secara istimewa kepada Hadhrat Ali bin Abi Thalib ra. agar di malam Jum’at bangun sepértiga malam untuk shalat dan membaca surah Yasin.
  4. Surah Yasin merupakan wujud Mulia Rasulullah saw,  yang telah menerangi umatnya dengan cahaya Al-Qur’an.
  5. Salah satu bukti yang telah diberikan Umat Islam dari generasi ke generasi.

Baca Juga :

Surat Yasin dan Artinya

Demikianlah beberapa Keutamaan Membaca Surah Yasin. Dengan artikel ini semoga kita bisa mengatahui dan istiqomah dalam mengamalkan Surat Yasin setiap hari. Demikian yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semua. Terima Kasih.

Trending

Tata Cara Sholat Gerhana Matahari dan Bulan

Tata Cara Sholat Gerhana Matahari dan Bulan – Shalat gerhana sering disebut dengan istilah khusuf …