Contoh SK Operator Sekolah Terbaru | Contoh SK Penetapan Operator Sekolah

Contoh SK Operator Sekolah – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh penulisan SK Operator Sekolah. Akan tetapi sebelum admin memberikan contoh penulisannya admin akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu operator ? Apa Fungsi dan Tugas Operator Sekolah terlebih dahulu supaya semuanya paham betul mengenai Operator Sekolah.

Operator sekolah adalah seseorang individu yang sudah dibekali keahlian IT di Sekolah mulai dari penguasaan dasar-dasar tentang komputer, dan yang paling utama mampu mengurus data-data pendidikan (terutama data sekolah) seperti pendataan dapodik untuk kemdikbud, EMIS untuk kemeneg, Pelaporan dana BOS baik online maupun offline, Admin padamu negeri,Verval PD, dan masih banyak yang lainnya.

 Tugas Operator Sekolah pada Data DAPODIK :

  1. Menginstal Aplikasi Peng-input Data Sekolah yang disebut dengan Aplikasi Dapodikdas, termasuk melakukan Update Aplikasi apabila aplikasi mengalami pembaruan biasanya Per-semester.
  2. Meng-input semua data Sekolah mulai dari Data Sekolah,Kepala Sekolah,PTK,Peserta Didik Tenaga Honorer,dan Penjaga Sekolah,jadi disini secara garis besar Tugas Operator hanya sebagai Peng-input data bukan Pengolah data (kecuali Operator Oleh kepala sekolah.
  3. Setelah melakukan Peng-inputan data melalui aplikasi Aplikasi Dapodikdas yang telah di instal pada Laptop Operator Kemudian melakukan tugas Meng-upload data ke Server Kemdiknas sebagai Pusat Data.
  4.  Mencetak / Print Out Profil Sekolah Sebagai Hasil Laporan Pengerjaan.
  5. Melakukan Koreksi Data Jika Ada Kesalahan/Perbaikan Data Sekolah kemudian mengupload    kembali ke Kemdiknas.

Tugas Operator Sekolah pada Data PADAMU NEGERI :

  1. Membuat email sekolah untuk reset password jika password akun sekolah lupa.
  2.  Mengaktifkan akun sekolah sesuai surat aktivasi akun sekolah yang dibagikan.
  3.  Menerima formulir A01 dari PTK yang sekolah induknya di sekolah tersebut.
  4. Memverifikasi formulir dengan dokumen lampiran yang dipersyaratkan. Jangan segan-segan   menolak dan meminta revisi ke PTK jika tidak sesuai.
  5. Mengisi form aplikasi sesuai formulir yang telah diverifikasi tadi.
  6. Mencetak surat tanda bukti input data yang juga memuat akun aktivasi PTK yang bersangkutan.
  7.  Menyerahkan surat aktivasi akun PTK ke PTK yang bersangkutan.
  8.  Menyimpan berkas yang diserahkan PTK ke TU Sekolah.


Baiklah Sekarang waktunya admin menyampaikan Contoh SK Operator Sekolah yang bisa anda lihat contohnya di bawah ini :

DINAS PENDIDIKAN
SMP AL-QOLAM JAMANIS
Alamat: Kp. Nagrak Rt. 001 Rw. 008 Ds. Sindangraja Kec. Jamanis kab. Tasikmalaya

 Email : smpalqolamjamanis@gmail.com


                

    KEPUTUSAN
    KEPALA SEKOLAH SMP AL- QOLAM JAMANIS
    NOMOR : 001.2/028/SMP-ALQ/IX/2015

    TENTANG

    PENETAPAN OPERATOR SISTEM PENDATAAN DAPODIKDAS
    SMP AL- QOLAM JAMANIS
    TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Menimbang :

       

  1. Bahwa dalam rangka pengambilan kebijakan dan penyusunan program pembangunan di bidang pendidikan dan Penjaringan data  Dapodikdas tahun pelajaran 2015-2016 di SMP Al- Qolam Jamanis.
  2. Bahwa dalam pelaksanaan sebagaimana dimaksud point a di atas, perlu menetapkan seorang pelaksana Operator Sekolah Penjaring data  Dapodikdas tahun pelajaran 2015- 2016 di SMP Al- Qolam Jamanis.
  3.  Bahwa nama  tersebut dalam lampiran keputusan ini dianggap mampu dan memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai Operator Sistem Pendataan Dapodikdas SMP Al- Qolam Jamanis.
  4. Bahwa berdasarkan pertimbangan pada huruf a, b, dan c di atas perlu ditetapkan Surat Keputusan Kepala SMP Al- Qolam Jamanis. 

Mengingat :    

  1. Surat Edaran Dirjen Dikdas No 304/c/LK/2014 Mengenai Penjaringan data  Dapodikdas tahun pelajaran 2015-2016
  2. Permendikbud No 101 Tahun 2013 Tentang Petunjuk Teknis Pengunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun Anggaran 2015

MEMUTUSKAN

Menetapkan :

Nama                         : Ai Papat Fatimah, A.Md
Tempat, Tgl. Lahir    : Tasikmalaya, 29 Juni 1990
Jenis kelamin            : Perempuan
Pendidikan Terakhir : D3 Bussiness Administration LP3i Tasikmalaya 2013

    PERTAMA :

Menunjuk Petugas Admin/Operator Sistem Pendataan Dapodikdas pada satuan kerja SMP Al- Qolam Jamanis. UPTD Pendidikan Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya sebagaimana tersebut dalam lampiran keputusan ini.
      

KEDUA :

Petugas Pendataan Dapodikdas yang selanjutnya disebut Operator Sistem Pendataan Pendidikan Dasar pada satuan kerja SMP Al- Qolam Jamanis. sebagaimana dimaksud pada diktum pertama, mempunyai tugas sebagai berikut:

  1.  Mempersiapkan, mengkoordinasikan dan melaksanakan pengumpulan data pendidikan dan data non pendidikan.
  2. Melaksanakan pengelolaan data kependidikan dan melaksanakan pemetaan pendidikan serta menyusun profil pendidikan SMP Al- Qolam Jamanis.
  3. Melakukan Singkronisasi / Mengirimkan data hasil pelaksanaan pendataan pendidikan dan non pendidikan ke Pusat Data Statistik Pendidikan, SMP Al- Qolam Jamanis sebagaimana standar dan ketentuan yang dikeluarkan Pusat Data Statistik Pendidikan, Kemdikbud Rl.
  4.  Melakukan pelayanan data dan informasi pendidikan kepada pihak yang membutuhkan dengan cepat dan tepat.
  5. Melakukan upaya pengembangan dan penyediaan infrastruktur ICT serta mengoptimalkan pengelolaan ICT di SMP Al- Qolam Jamanis.

KETIGA:

        Dalam melaksanakan tugasnya, Operator Sistem Pendataan Dapodikdas bertanggung jawab kepada Kepala SMP Al- Qolam Jamanis UPTD Pendidikan Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya.
      

KEEMPAT :

            Segala biaya yang timbul akibat keputusan ini akan dibebankan kepada anggaran dana BOS SMP Al- Qolam Jamanis. UPTD Pendidikan Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya Tahun Anggaran Berjalan.
   

KELIMA :

Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di   :Jamanis
Pada Tanggal  :09 November 2015
Kepala Sekolah


 

Fandu Arif Firman Praja,  S.Pd


Demikian mengenai contoh SK Operator Sekolah yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini,sebagai informasi operator sekolah juga bertugas dalam melakukan Pelaporan Dana BOS sekolah,EMIS dll, Sekian kami ucapkan terimakasih.