Bacaan Surat Al Fatihah dan Terjemahannya

Bacaan Surat Al Fatihah Arab, Latin, dan Terjemahannya

Surat Al Fatihah adalah surat pembuka Al Quran yang memiliki banyak sekali keutamaan. Surat yang diturunkan di kota Mekah ini terdiri dari tujuh ayat, yang merupakan ringkasan dari seluruh isi Al Quran. QS. Al Fatihah juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti Ummul Qur’an, Ummul Kitab atau Fatihatul Kitab.

Nabi Muhammad  bersabda, “Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca Fatihatul Kitab (Al Fatihah).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam sabda yang lain Rassullulah juga mengatakan, “Barangsiapa yang shalat tidak membaca Ummul Qur’an (QS Al Fatihah) maka shalatnya pincang (khidaaj).” (HR. Muslim)

Berikut ini Bacaan Surat Al Fatihah secara lengkap dengan tulisan Arab, Latin dan Terjemahaanya.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Bismillāhir-raḥmānir-raḥīm(i).

1. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ
Al-ḥamdu lillāhi rabbil-‘ālamīn(a).

2. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ
Ar-raḥmānir-raḥīm(i).

3. Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ
Māliki yaumid-dīn(i).

4. Pemilik hari Pembalasan.

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ
Iyyāka na‘budu wa iyyāka nasta‘īn(u),

5. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan.

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ
Ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm(a).

6. Bimbinglah kami ke jalan yang lurus,

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ
Ṣirāṭal-lażīna an‘amta ‘alaihim, gairil-magḍūbi ‘alaihim wa laḍ-ḍāllīn(a).

7. (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang yang sesat.

Makna Terkandung Dalam Surat Al Fatihah

Surat Al Fatihah adalah satu-satunya surat yang merangkum berbagai pelajaran yang tidak terangkum dalam surat-surat lain yang ada di Al Quran. Surat ini mengandung intisari tiga macam tauhid, yaitu Tauhid rububiyah, Tauhid uluhiyah dan Tauhid asma wa sifat.

Tauhid rububiyah adalah bagaiman meng-Esakan Allah dalam hal perbuatan-perbuatanNya, seperti Maha Pencipta, Maha Pemberi rezeki dan lain sebagainya. Tauhid uluhiyah adalah meng-Esakan Allah dalam bentuk beribadah hanya kepada-Nya. Sedangkan Tauhid asma wa sifat adalah meng-Esakan Allah dalam hal nama dan sifatNya. Allah telah menetapkan sifat-sifat kesempurnaan bagi diri-Nya sendiri.

QS Al Fatihah juga menerangkan bahwasanya amal-amal hamba itu pasti ada balasannya. Karena pada hari kiamat nanti amal sholeh seorang hamba akan diperhitungkan dan diberi balasan yang adil. Yang terakhir di dalam surat ini juga mengandung makna keharusan untuk mengikhlaskan ketaatan dalam beragama demi Allah semata.

Itulah makna dari QS. Al Fatihah ayat 1-7. Semoga Bacaan Surat Al Fatihah Arab, Latin, dan Terjemahannya ini bermanfaat bagi kita semua. Aamin