CARA MUDAH MEMAHAMI BAHASA ARAB DENGAN BAIK


CARA MEMAHAMI BAHASA ARAB DENGAN BAIK

1. Tetapkan Tujuan

Agar lebih mudah dalam memotivasi diri Anda belajar, Anda harus mempunyai suatu tujuan yang hendak dicapai. Tujuan-tujuan tersebut dapat berjangka pendek ataupun panjang. Salah satu tujuan jangka pendek dalam belajar bahasa Arab adalah mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa arab. Sedangkan tujuan jangka panjang bisa memahami bahasa Alquran.

2. Siap Bekerja Keras

Belajar suatu bahasa tidaklah mudah. Banyak orang yang mempunyai kesibukan lain selain belajar bahasa Arab. Anda harus mengerti akan hal ini dan bersabar dalam proses belajar Anda. Namun tidak banyak yang akan Anda capai bila Anda tidak berusaha. Kami dapat menyediakan para instruktur yang berkualitas untuk Anda. Namun, kemajuan Anda banyak bergantung pada diri Anda sendiri.

3. Luangkan Waktu

Banyak di antara kita mempunyai kehidupan yang sibuk dan biasanya tidak mudah untuk memasukkan hal baru ke dalam rutinitas sehari-hari kita. Belajar bahasa Arab membutuhkan disiplin. Anda perlu meluangkan waktu untuk belajar dan benar-benar belajar pada saat itu. Tidak masalah bila Anda mengalihkannya dengan alasan Anda terlalu lelah sesekali, tetapi jangan menjadikan itu suatu kebiasaan. Jadikan bahasa Arab bagian yang tak terpisahkan dari jadwal rutinitas Anda.

4. Bertanyalah

Jangan takut untuk bertanya. Guru-guru anda akan membantu Anda.

5. Lakukan Pekerjaan Tambahan

Mempunyai seorang guru yang akan memberikan instruksi dan bimbingan kepada Anda sangatlah penting. Namun, sebenarnya Anda juga dapat belajar sendiri; yang mana hal ini dapat membuat Anda menjadi seorang pelajar bahasa yang sukses. Jangan menunggu hanya saat kelas saja baru mengeluarkan buku bahasa Arab Anda.

6. Nonton Film Berbahasa Arab

Ini cara terbaik belajar bahasa pergaulan dan melatih kemampuan mendengar. Anda tidak harus mengerti setiap kata untuk mengerti kejadian di film. Gunakan teks bahasa Arab untuk membantu Anda mengerti –juga cara terbaik untuk melatih kemampuan membaca. Pilih film yang mudah dimengerti. Film-film dengan dialog singkat, diikuti dengan jeda tanpa dialog adalah yang paling ideal, karena memberikan waktu untuk menyerap bahasa tersebut. Film romantis termasuk dalam kategori ini.

7. Dengarkan Lagu Bahasa Arab

Musik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Arab. Lain kali jika Anda pergi ke tempat karaoke atau bernyanyi di depan TV rumah Anda, cobalah menyanyikan satu lagu bahasa Arab. Ini cara yang baik untuk melatih mengekspresikan diri dalam berbahasa Arab dan meningkatkan pengertian orang terhadap apa yang Anda katakan pada mereka dalam bahasa Arab.

8. Membaca

Membaca adalah cara terbaik untuk belajar kosa kata baru. Cobalah membaca cerita-cerita pendek daripada cerita novel yang panjang. Biasanya cerita ini terbagi dalam beberapa bab pendek yang dapat dibaca dan dianalisa bahasanya. Anda tidak harus mengerti setiap kata yang tertulis. Coba mengerti artinya secara umum. Garis-bawahi kata-kata yang tidak mengerti dan cobalah menerka artinya berdasarkan hubungan kalimat. Lalu gunakan kamus Anda untuk mencari dan melihat apakah Anda benar. Gunakan graded readers (buku belajar membaca).

Biasanya tersedia sejumlah pertanyaan untuk menguji pemahaman Anda terhadap apa yang baru Anda baca

.

9. Bergabung dengan Annadi Al lughawi

Cari komunitas yang atau lingkungan yang membiasakan menggunakan bahasa arab untuk komunikasi, kalau tidak ada maka carilah teman yang mau diajak untuk bergabung membuat club bahasa tersebut, Bergabunglah bersama mereka. Ajukan pertanyaan. Kesempatan bertemu dengan orang-orang yang tertarik untuk belajar bahasa Arab seperti Anda.

10. Gunakan Internet

Internet adalah penemuan yang menakjubkan, yang mengubah cara hidup kita. Walaupun menyenangkan bisa membaca “People” setiap hari atau ngobrol dengan teman-teman secara online, rasanya sia-sia bila kita tidak menggunakan internet untuk belajar bahasa.

11. Baca Surat Kabar Berbahasa Arab

Tersedia beberapa surat kabar yang menyediakan informasi dan materi yang menarik untuk dibaca.

12. Dengarkan Radio

Coba dengarkan radio dari bagian dunia yang menggunakan bahasa Arab.

13. Chat

Anda dapat menggunakan MSN, Yahoo dan program chat lainnya untuk bercakap-cakap dalam bahasa Arab secara online. Coba cari beberapa teman Anda yang berbahasa Arab. Bila Anda menggunakan Skype, ajak teman-teman Anda untuk menggunakannya juga dan telepon mereka secara gratis melalui komputer Anda.

14. Jangan Malu-malu

Ada beberapa cara kuno yang walaupun aneh kedengarannya namun bisa membantu: Meningkatkan pelafalan Anda: Gunakan cermin untuk berlatih membuat bunyi-bunyi yang sulit dalam bahasa Arab; rekam saat Anda berbicara bahasa Arab dan dengarkan setelahnya, perhatikan penekanan, intonasi dan fonem Anda.

15. Berpikir dalam bahasa Arab:

Lakukan percakapan imajinasi Anda dalam bahasa Arab. Pikirkan apa yang hendak Anda katakan.Berbicaralah dengan teman Anda menggunakan bahasa Arab: Cobalah berbicara dalam bahasa Arab dengan teman teman Anda. Tidak perlu kuatir dengan pelafalan yang kurang bagus – berbicara secara teratur akan meningkatkan rasa percaya diri Anda dan Anda akan maju lebih pesat.

Sebaik apaun metode, strategi yang di tawarkan ahli, tidak akan mampu meningkatkan prestasi berbahasa seseorang, tanapa membiasakan diri untuk membaca, melatih dan mencoba untuk dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari minimal dengan komunitas berbahasa.